Total Tayangan Halaman

Rabu, 26 Maret 2014

HEMATOLOGI







Peran Trombosit saat terjadinya luka






Fungsi Plasma  adalah untuk mengatur tekanan osmosis darah, membawa zat-zat makanan ke seluruh tubuh, dan mengangkut zat-zat sisa metabolisme dari jaringan tubuh.

Di dalam plasma darah, terdapat fibrinogen yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jika terjadi luka, fibrinogen akan membentuk benang-benang fibrin. Benang fibrin akan membentuk jaring seperti jala yang berfungsi untuk menjaring sel darah dan menutup luka. Jika plasma darah dipisahkan dari fibrinogen, akan terbentuk cairan bewama kuning. Cairan ini disebut serum. Serum mengandung antibodi yang berguna untuk membunuh benda asing yang masuk ke dalam tubuh.


Fungsi sel darah merah (eritrosit) adalah mengangkut oksigen dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sel darah merah (eritrosit) mampu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh karena memiliki hemoglobin (Hb). Hemoglobin merupakan suatu protein khusus yang mengandung zat besi yang mampu mengikat oksigen.

Fungsi sel darah putih (Leukosit) adalah untuk melindungi badan dari infeksi penyakit serta pembentukan antibodi di dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar