Total Tayangan Laman

Selasa, 25 Maret 2014

artikel : menopause



berdasarkan penelitian secara seksama yang pernah dilakukan oleh beberapa ahli ObGyn ( Obstetrics and Gynecology ) terkemuka Amerika dan dipublikasikan secara terbuka pada The American Journal Of clinical nutrition :

- Wanita yang mengalami menstruasi awal atau menarche atau haid pada usia muda, ternyata akan memiliki masa menopause yang akan lebih lama. Artinya perempuan muda yang mengalami menstruasi pada umur kurang dari 12 tahun, kemungkinan besar akan memasuki masa menopause diatas usia 55 tahun.

- Wanita yang terlambat mengalami haid awal atau menstruasi awal, akan memiliki masa menopause yang lebih cepat. Artinya wanita yang mengalami menstruasi awal diatas usia 15 tahun, kemungkinan besar akan mengalami menopause pada usia dibawah 48 tahun.






Apa itu Menopause ?
Pada setiap kehidupan wanita, terdapat dua masa transisi yang berkaitan dengan masalah hormon, yaitu masa pubertas, ketika seorang wanita mulai mengalami haid, dan memasuki usia reproduksi (dapat hamil dan melahirkan). Menopause merupakan akhir dari masa transisi yang kedua bagi wanita, dimana kadar esterogen dalam darah menurun sampai menghilang sehingga akan menimbulkan gangguan fungsi organ tubuh. Menopause merupakan proses biologis alami, bukan penyakit medis.


Apa penyebab Menopause ?
Bertambahnya usia menyebabkan berkurangnya produksi hormon esterogen dan progesteron, hormon yang mengatur menstruasi pada wanita.


Bagaimana gejalanya ?
Periode haid menjadi tidak teratur Penurunan kesuburan Vagina menjadi kering karena penipisan jaringan pada dinding vagina Hot Flashes, terjadi akibat peningkatan aliran darah di dalam pembuluh darah wajah, leher, dada, dan punggung.
Kulit menjadi merah dan hangat disertai keringat yang berlebihan.
Gangguan tidur Gejala psikis dan emosional atau perubahan suasana hati (kelelahan, mudah tersinggung, dll).
Peningkatan lemak perut Penipisan rambut Pusing, kesemutan, dan palpitasi (jantung berdebar).
Hilangnya kendali terhadap kandung kemih (beser),  Osteoporosis (pengeroposan tulang)


Bagaimana diagnosisnya ?
Selain pemeriksaan fisik dengan melihat gejala-gejala yang terjadi, dokter mungkin merekomendasikan pemeriksaan darah yaitu follicle – stimulating hormone (FSH) dan estrogen, serta thyroid-stimulating hormone (karena hipotiroidisme dapat menyebabkan gejala mirip dengan menopause).


Pengobatan yang dilakukan Perawatan medis yang biasanya diberikan bertujuan untuk meringankan gejala-gejala yang terjadi dan meminimalkan penyakit kronis yang mungkin terjadi seiring dengan penuaan.


Perawatan medis yang dapat diberikan antara lain:
terapi hormon
anti-depresan
vaginal estrogen
dan obat-obat lainnya.


Pencegahan yang dapat dilakukan :
Olah raga teratur
Istirahat yang cukup
Lakukan relaksasi
Melakukan latihan untuk memperkuat dasar panggul
Hindari merokok


Dampak yang ditimbulkan oleh Menopause :
Penyakit kardiovaskular (yg melibatkan fungsi jantung dan pembuluh darah)
Osteoporosis (pengeroposan tulang)
Berat badan meningkat (obesitas)
Buang air kecil terus-menerus (poliuria).